Penulis: Yunifa Miftachul Arif, Ahmad Fahmi Karami, Dyah Wardani, Devi Rifitasari, Supeno Mardi Susiki Nugroho, & Mochamad Hariadi;
Penyunting: Dhega Febiharsa

Buku yang berjudul “Pengembangan Teknologi Ambient Intelligence dalam Tourism Serious Game” ini membahas tentang implementasi teknologi ambient intelligence untuk serious game dengan tema khusus tentang pemilihan destinasi wisata yang ada dalam Tourism Destinations Serious Game. Ambient Intelligence (AML) adalah teknologi yang berasal dari berbagai aplikasi komputasi yang bertujuan untuk merespons secara tepat keberadaan dan karakteristik orang di lingkungan virtual atau nyata. Ambient Intelligence menyediakan layanan yang berfungsi secara otomatis yang sangat membantu dalam memfasilitasi pekerjaan manusia. Beberapa fitur teknologi ambient intelligence adalah sensitif, responsif, mudah beradaptasi, transparan, ada di mana-mana, dan cerdas. Menerapkan ambient intelligence dalam game membantu mendukung kemampuan untuk menyesuaikan perilaku lingkungan virtual dengan kebutuhan dan preferensi pemain. Dimana teknologi game tidak hanya menyediakan antarmuka bagi pemain, tetapi juga berupaya mempertahankan keberadaan mereka melalui interaksi dengan fitur yang menarik yang ada di dalam game.